• Newsticker

    Jumat, 28 Agustus 2020

    Memilih Radio Wireless ubnt Untuk Jaringan ISP & RT RW net

    Saat kamu ingin membangun jaringan wireless outdoor jarak jauh (lebih dari 300M) maka kamu perlu memilih radio yang tepat.

    Pemilihan radio sesuai kebutuhan menjadi kunci kualitas jaringan wireless.

    Radio wireless ini biasa digunakan untuk membuat BTS dan client ISP ataupun RT RW Net.

    Disini saya sudah kelompokan tipe radio merek ubnt sesuai dengan fungsinya, mulai untuk koneksi PtP, PtMP dan CPE.

    Radio ubiquiti Khusus Untuk Jaringan Fixed Wireless

    ubnt atau ubiquiti telah membuat dan mendesain radio wireless untuk berbagai macam skenario pembuatan jaringan fixed wireless baik untuk jaringan backhaul ataupun jaringan distribusi atau BTS.

    Disini akan dipandu cara memilih perangkat radio wireless ubnt yang cocok digunakan untuk berbagai macam skenario jaringan wireless mu,

    mulai dari pemilihan perangkat untuk jaringan utama,BTS hingga client.

    Radio Ini bukan untuk membuat WiFi

    Jaringan wireless yang dimaksud disini adalah jaringan wireless luar ruangan dengan jarak ber kilometer antara BTS dan client dan bukan jaringan WiFi yang jangkauan nya ratusan meter.

    Jaringan wireless ini biasa digunakan oleh ISP ataupun perusahaan sebagai solusi murah untuk membangun jaringan komputer tanpa kabel (wireless).

    Client membutuhkan Radio Wireless khusus untuk terkoneksi ke BTS

    Pada jaringan wireless tetap (fixed outdoor wireless) client harus menggunakan perangkat CPE untuk menerima signal dari BTS .

    sinyal akan diteruskan ke komputer atau router melalui kabel dan dipancarkan kembali dengan perangkat hotspot jika ingin digunakan oleh laptop dan HP melalui WiFi di rumah atau kantor.


    Pahami Dulu Model Jaringan Fixed Wireless



    Pada jaringan fixed wireless ada 2 jenis sambungan komunikasi/link yaitu sambungan wireless untuk jaringan induk menggunakan Point to Point link (PtP) dan jaringan distribusi menggunakan Point to Multipoint (PtMP)

    Jaringan Backhaul Point-to-Point (PtP)

    Sambungan wireless Point to Point (PtP) seperti terlihat pada gambar diatas dimana radio wireless di tower A kiri terkonek ke radio di tower A kanan berfungsi sebagai jaringan induk yang mampu membawa bandwidth besar.

    Jaringan induk Point to Point PtP atau Backhaul/Backbone membutuhkan tipe radio wireless yang lebih powerfull karena sambungan ini harus mampu membawa beban bandwidth yang besar.

    Biasanya diakhir sambungan PtP bandwidth akan didistribusikan melaui jaringan distribusi dengan metode Point to Multi Point menggunakan radio wireless yang jangkauan nya disesuaikan dengan jarak antara BTS dan client.

    Jaringan BTS Point-to-Multipoint (PtMP)

    Setelah bandwidth diterima menggunakan jaringan induk/backhaul Point to Point biasanya bandwidth akan didistribusikan atau dipancarkan kembali ke banyak client menggunakan satu atau lebih radio yang mampu menangani banyak client.

    Karena satu radio wireless di BTS terkonek ke bayak client maka sambungan ini disebut Point to Multi Point(PtMP),seperti terlihat pada gambar diatas dimana radio wireless pada tower B terkonek dengan banyak radio wireless client disekitar BTS yaitu radio C C C C C C

    Jangkauan radio wireless untuk PtMP lebih pendek namum mempunyai sudut pancar yang agak lebar agar dapat menjangkau client disekitar BTS.

    Penjelasan lengkap silakan baca : Dasar jaringan Wireless dan WiFi


    Pemilihan Radio Frekuensi

    Produk radio wireless ubnt menyediakan beberapa pilihan frekuensi band yang bisa kamu gunakan mulai dari 900MHz hingga 24GHz.



    Tiap frekuensi punya karakteristik tertentu untuk tujuan pengunaan di skenario keadaan yang berbeda,memilih frekuensi band yang tepat dengan keadaan mu saat ini menentukan kualitas dan performa jaringan wireless mu.

    Pastikan kamu telah survey tempat dan menganalisa kepadatan radio frekuensi di area tersebut sebelum menjatuhkan pilihan frekuensi band yang akan digunakan untuk menghindari interferensi.

    Frekuensi band 900MHz (ubnt seri M900)

    Kelebihan menggunakan frekuensi 900MHz adalah mampu menembus penghalang lebih baik seperti pohon atau gedung dibanding frekuensi lain nya yang lebih tinggi.

    Kekurangan nya adalah banyak peralatan yang beroperasi di frekuensi ini mulai dari walkie talkie,TV amatir,repeater radio sehingga noise nya sangat tinggi di area tertentu yang padat penduduk.

    Selain itu hanya tersedia 26MHz lebar pita frekuensi yang bisa digunakan sehingga punya sedikit channel dan yang paling pentingadalah frekuensi 900MHz tidak bebas digunakan dan perlu izin pemerintah untuk menggunakan nya.

    Frekuensi band 2.4GHz (ubnt seri M2)

    Kelebihan frekuensi 2.4GHz adalah bebas digunakan tanpa harus mengurus perizinan penggunaan untuk open BTS.

    Karena kebebasan inilah sangat banyak perangkat wireless yang menggunakan frekuensi 2.4GHz sehingga akan rawan interferensi dan tinggi noise di kawasan yang padat penduduk.

    Sumber noise dan interferensi in berasal dari alat seperti cordless phone,WiFi hotspot dan perangkat Wireless 2.4GHz lain yang digunakan untuk membangun jaringan wireless oleh WISP.

    Frekuensi band 3.xGHz (ubnt seri M3-M365)

    Jarang perangkat bebas yang menggunakan frekuensi ini sehingga jauh dari noise dan interferensi tpai ingat untuk menggunakan frekuensi ini kamu harus mengurus perizinan ke pemerintah.

    Frekuensi band 5GHz (ubnt seri 5AC/AF5/AF5X)

    Kelebihan frekuensi 5GHz adalah kamu tak perlu izin pemerintah untuk menggunakan nya dan tersedia banyak channel dengna izin penggunaan power yang tinggi untuk open BTS.

    Frekuensi 5GHz merupakan pilihan terbaik saat ini untuk tipe frekuensi bebas yang tanpa urus sana sini untuk menggunakan nya.

    kelemahan frekuensi 5GHz adalah signal mempunyai daya rambat/tembus yang buruk ketika terhalang gedung,tembok, pohon ,dll dibanding dengan frekuensi yang lebih rendah seperti 900MHz dan 2.4GHz.

    Bagaimana Jika 2.4GHz dan 5GHz sudah crowded?

    Jika di area mu sudah tidak dimungkinkan lagi menggunakan frekuensi 2.4 & 5GHz untuk membuat jaringan backhaul PtP yang ditandai dengan signal yang didapat banyak namun link/throughput sangat rendah .

    Sebagai alternatif kamu bisa bisa menggunakan frekuensi 10,11,atau 24GHz dan mengurus perijinan penggunaan frekuensi ke pemerintah terkait agar kamu gak diciduk.

    Kamu bisa menggunakan radio ubnt seri M10 untuk frekuensi 10MHz,AF11 untuk frekuensi 11GHz dna AF24 untuk frekuensi 24GHz.


    Mengenal Jenis Antena Wireless

    Antena wireless mempunyai berbagai macam desain yang dibuat untuk berbagai macam kebutuhan dan skenario jaringan wireless.

    Antena dibuat untuk menguatkan dan mengarahkan signal sehingga memberikan kualitas link dan performa yang lebih baik dengan mengarahkan nya ke arah tertentu untuk mengurangi noise.

    Secara umum setiap desain mempunyai karakteristik arah pancaran yang berbeda,sehingga kamu harus memilih antena wireless yang sesuai agar jaringan wireless mu berjalan dengan efektif dan efisien.


    CPE adalah istilah untuk perangkat radio yang digunakan untuk client.

    1. Antena Yagi



    Antena yagi mempunyai karakteristik menembakan signal secara terarah dan biasa digunakan untuk frekuensi rendah seperti 900Mhz.

    2. Antena Grid



    Memancarkan signal secara terarah dan biasa digunakan koneksi PtP dan CPE, sangat cocok dipasang di daerah dengan intensitas angin tinggi.

    Kekurangan antena model grid adalah hanya mampu beroperasi pada polaritas 1×1, dan menghasilkan performa lebih rendah dibanding antena dengan polaritas 2×2 seperti Dish,Panel,sectoral.

    3. Antena Panel



    Hanya dapat menerima dan memancarkan signal secara terarah dan biasa digunakan pada perangkat wireless CPE.

    Antena ini biasa dikemas didalam bersama radio wireless berbentuk kotak seperti seri NS,UniFi dimana radio ini tidak memerlukan antena external.

    4. Antena Dish



    Antena wireless yang didesain untuk memfokuskan signal dengan sangat terarah dan direkomendasikan untuk membuat koneksi PtP dengan performa tertinggi.

    Unkuran antena ini lebih besar dan lebih berat dibanding antena lain nya

    5. Antena Omni



    Antena ini didesain untuk memancarkan signal 360 derajat kesekitar AP secara horizontal (omni-directional ).

    Sangat ideal untuk membuat BTS kapasitas rendah dengan jangkauan melingkar 360 derajat yang luas cukup dengan menggunakan satu radio dan antena.

    6.Antena Sector





    Sangat ideal untuk membangun BTS dengan performa tinggi,antena sector menawarkan penguatan signal yang lebih tinggi dan lebih terarah dibanding antena omni.

    antena sector biasanya menawarkan lebar pancaran mulai dari 45,60,90 hingga 120 derajat.


    3 Pengetahuan Wajib Sebelum Membeli Radio ubnt

    Radio wireless ubnt dedesain untuk bisa beroperasi di berbagai macam skenario jaringan wireless dan punya banyak fitur,ada beberapa hal yang harus kamu ketahui ketika ingin menggunakan ubnt untuk jaringan wireless mu agar tidak repot dikemudian hari.

    ubnt seri AC tidak bisa terkoneksi ke akses point seri M

    Radio wireless sekarang punya 2 seri yaitu M dan AC, seri AC adalah seri terbaru yang telah menggunakan standar wireless 802.11ac dengan performa yang lebih baik dibanding radio seri M.

    Jika kamu menggunakan BTS seri AC sebagai AP(Access Point) maka kamu tidak bisa menggunakan radio seri non AC untuk client nya (misal kamu menggunakan seri M).

    ubnt seri M bisa terkoneksi ke aksespoint seri AC

    Berbeda cerita jika radio wireless di BTS menggunakan seri AC sebagai AP maka radio client seri M bisa terkoneksi ke AP seri AC, dengan catatan mode AP pada radio seri AC di BTS menggunakan “PtMP airMAX Mixed”.

    UNMS untuk memanage perangkat ubnt

    Aplikasi unms digunakan untuk mengonfigurasi, memantau, mengupdate, dan backup perangkat Ubiquiti dengan cara yang mudah dan efektif.

    Tidak hanya itu unms bisa kamu gunakan juga untuk mensetting switch,optical GPON seperti saat kamu mensetting perangkat wireless lain nya.

    Untuk cara install dan setting nya kamu bisa mengikuti panduan cara install dan setting UNMS untuk memonitor jaringan wireless ubnt


    Radio ubnt Untuk Jaringan Induk PtP

    Jaringan induk atau backhaul hanya menghubungkan 2 titik saja,perangkat wireless yang dipilih untuk link PtP harus desesuaikan dengan jarak dan kecepatan yang akan dicapai.




    Berikut rekomendasi radio wireless ubnt yang tepat dan bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk memilih radio wireless PtP berdasar jarak mulai dari yang paling dekat hingga terjauh.

    A. Jarak Pendek (0-5km)

    Berikut adalah beberapa perangkat radio wireless ubnt mulai dari yang termurah yang bisa kamu pilih untuk membagun PtP jarak pendek maximal 5KM untuk menghasilkan bandwidth dan performa yang optimal.

    #1. NanoStation 5AC/Loco

    Radio wireless ubnt termurah yang bisa kamu gunakan untuk membuat koneksi PtP jarak pendek dan telah dilengkapi dengan dual ethernet port serta airMAX AC technology dan mampu menghasilkan bandwidth hingga 450Kbps.

    Perangkat ini sering digunakan bersama dengan kamera UniFi untuk membangun jaringan cctv wireless.

    Radio ubnt NanoStation 5AC Loco dibandrol dengan harga Rp 700.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #2. NanoBeam 5AC-G2

    Menggunakan frekuensi 5GHz dan direkomendasikan untuk membuat link PtP jarak pendek dan telah dilengkapi dengan teknologi airMAX AC yang mampu menghasilkan throughput hingga 450Mbps.

    Radio ubnt NanoBeam 5AC-G2 dibandrol dengan harga Rp 1.410.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #3. airFiber5X+AF-5G23-S45

    Radio wireless airFiber5X dengan menggunakan antena AF-5G23-S45 dapat menghantarkan bandwidth hingga 500Mbps dengan latency sekitar 2ms dan beroperasi pada frekuensi 5GHz.

    Radio ubnt airFiber5X dibandrol dengan harga Rp 5.610.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    dan antena AF-5G23-S45 dibandrol dengan harga Rp 1.610.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #4. airFiber 24

    Beroperasi pada frekuensi 24GHz sangat cocok untuk membuat link dengan performa tinggi yang mampu menghasilkan throughput hingga 1.5Gbps (750Mbps+ Full-Duplex) dengan latency dibawah 1ms dan mensupport jumbo frames.

    Radio ubnt airFiber 24 dibandrol dengan harga Rp 25.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #5. airFiber 24HD

    airFiber 24 seri HD ini masih beroperasi di frekuensi 24GHz dengan performa lebih tinggi dari seri non HD yaitu 2Gbps bandwidth (1Gbps+ Full-Duplex) dengan latency dibawah 1ms dan mendukung jumbo frames.

    Radio ubnt airFiber 24HD dibandrol dengan harga Rp 46.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak


    B. Jarak Menengah (5-15km)

    Jika jarak link PtP antara 5 hingga 15km,kamu bisa menggunakan tipe radio wireless dibawah ini untuk menghasilkan link dengan performa tinggi dan bandwidth yang stabil dan optimal.

    #1. LiteBeam 5AC-23-G2

    Biasa digunakan untuk radio client(CPE) jarak pendek namun kamu masih bisa menggunakan radio ini untuk membuat PtP link dengan kecepatan maximal 450Mbps.

    Radio ubnt LiteBeam 5AC-23-G2 dibandrol dengan harga Rp 910.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #2. PowerBeam 5AC-G2

    Radio ini juga biasa digunakn untuk client CPE dan bisa digunakan untuk membuat link PtP jarak menengah dengan performa memadai yang didukung oleh teknologi airMAX AC yang mampu menghasilkan throughput hingga 450Mbps.

    Radio ubnt PowerBeam 5AC-G2 dibandrol dengan harga Rp 1.600.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #3. PowerBeam 5AC ISO

    Sangat mirip dengan  PowerBeam 5AC namun direkomendasikan untuk digunakan di lingkungan yang tinggi noise /interferensi tinggi.

    Radio ubnt PowerBeam 5AC ISO dibandrol dengan harga Rp 2.600.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #4. airFiber5X + AF-5G30-S45

    Radio Wireless airFiber5X yang dipadukan dengan antena  AF-5G30-S45 mampu menghasikan throughput hingga 500Mbps dengna latency sekitar 2ms dan mensupport jumbo frames.

    Radio ini beroperasi pada frekuensi 5GHz dengan menggunakan lebar pita frekuensi 50MHz.

    Radio ubnt airFiber5X dibandrol dengan harga Rp 5.610.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    dan antena AF-5G30-S45 dibandrol dengan harga Rp 1.810.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #5. airFiber5/5U

    Menggunakan frekuensi 5GHz sangat cocok untuk link PtP performa tinggi dengan kecepatan hingga 1.2Gbps (620Mbps Full-Duplex) ,latency dibawah 1ms dan mendukung jumbo frames.

    Radio ubnt airFiber5U dibandrol dengan harga Rp 16.500.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak


    C.Jarak Jauh (15+km)

    #1. Rocket 5AC Gen2 + RocketDish LW

    Radio wireless ubnt Rocket 5AC Gen2 yang dipadukan dengan antena RocketDish LW merupakan pilihan tepat untuk membuat link PtP jarak jauh hingga 100KM dan mampu menghasilkan throughput 450Mbps menggunakan lebar channel frekuensi 80MHz.

    Rocket 5AC Gen2 dibandrol dengan harga Rp 3.300.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    antena RocketDish LW dibandrol dengan harga Rp 1.460.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #2. airFiber5X + AF-5G34-S45

    Radio Wireless airFiber5X yang dipadukan dengan antena  AF-5G34-S45 mampu menghasikan throughput hingga 500Mbps dengna latency sekitar 2ms dan mensupport jumbo frames.

    Radio ini beroperasi pada frekuensi 5GHz dengan menggunakan lebar pita frekuensi 50MHz.

    Radio ubnt airFiber5X dibandrol dengan harga Rp 5.610.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    dan antena AF-5G34-S45 dibandrol dengan harga Rp 5.310.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #3. airFiber11FX+Antenna

    Radio wireless ini menggunakan frekuensi 11GHz dan kamu harus punya izin pengunaan frekuensi terlebih dahulu jika ingin menggunakan alat ini.

    sangat ideal untuk membangun koneksi PtP performa tinggi yang mampu menghasilkan throughput hingga 1.3Gbps (680Mbps Full-Duplex) dengan latency dibawah 1ms dan mensupport jumbo frames.

    antena airFiberX dibandrol dengan harga Rp 2.300.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak


    Radio ubnt Untuk backhaul PtP Berkecepatan Super Tinggi

    Untuk membuat link utama atau backhaul yang stabil dan latency rendah ber kecepatan tinggi disarankan untuk menggunakan radio ubnt seri airFiber.

    Kamu bisa memilih kombinasi radio dan antena sesuai dengan jarak, kecepatan yang diinginkan dan frekuensi band yang akan kamu gunakan.

    1. AirFiber 24

    Untuk link PtP dengan performa yang superior airFiber 24 menggunakan frekuensi band 24GHz dan mampu menghasilkan througput hingga 1.4Gbps pada jarak 5+km dengan latency dibawah 1ms dan mensupport jumbo frames.

    Namun kamu bisa menggunakan nya hingga jarak 13km dalam kondisi tertentu(bebes interferensi).

    Radio ubnt airFiber 24 dibandrol dengan harga Rp 25.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    2. airFiber 24HD

    Untuk membangin link backhaul PtP dengan performa extreme,airFiber 24HD mampu menghantarkan hingga 2Gbps throughput pada jarak 2+km di frekuensi 24GHz,dan hingga 1.4Gbps pada link PtP dengan jarak dibawah 9km.

    Namun kamu bisa menggunakan radio ini hingga jarak 20km dalam kondisi tertentu seperti di area yang bebas akan interferensi dan tanpa terhalang apapun.

    Radio ubnt airFiber 24HD dibandrol dengan harga Rp 46.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    3. airFiber 5 /5U

    menggunakan frekuensi bebas lisensi 5GHz mampu menghasilkan link PtP dengan performa superior yang mampu menghantar hingga 1.2Gbps ,latency radio dibawah 1ms dan bisa digunakan hingga jarak 100KM dalam kondisi tertentu seperti bebas halangan dan interferensi.

    Radio ubnt airFiber5U dibandrol dengan harga Rp 16.500.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    4. airFiber5XHD+Antennas

    Menggunakan frekuensi 5GHz airFiber5XHD mampu membangun link PtP dengan performa tinggi hingga 1Gbps dengan latency sekitar 2ms dan sudah mensupport jumbo frame.

    Radio ubnt airFiber5XHD dibandrol dengan harga Rp 6.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    Antena airFiber dibandrol mulai harga Rp 2.300.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    5. airFiber2X+Antennas

    Menggunakan frekuensi band 2.4GHz ideal untuk membuat link PtP dengan performa tinggi yang mampu menghantarkan hingga 500Mbps throughput dengan hanya menggunakan bandwidth frekuensi channel 50MHz,latency sekitar 2ms dan mensupport jumbo frame.

    Radio ubnt airFiber2X dibandrol dengan harga Rp 7.500.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    Antena airFiber2x dibandrol mulai harga Rp 4.900.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    6. airFiber3X+Antennas

    Beroperasi pada frekuesi 3.XGHz dengan bandwidth frekuensi channel 50MHz mampu menghantarkan hingga 500Mbps throughput dengan latency sekitar 2ms dan mendukung jumbo frames.

    7. airFiber4X+Antennas

    beroperasi pada frekuensi 4.7-4.9GHz yang perlu perijinan pemerintah sangat ideal untuk membuat PtP link dengna performa tinggi hingga 500Mbps througput,latency sekitar 2ms dan telah mendukung jumbo frame.

    8. airFiber11FX+Antenna

    beroperasi pada frekuensi 11GHz yang perlu perijinan pemerintah sangat ideal untuk membangun link PtP performa tinggi dengan kecepatah throughput hingga 1.4Gbps,latency dibawah 1ms dan sudah mendukung jumbo frames.


    Radio Wireless ubnt Untuk BTS atau PtMP

    Pada BTS menggunakan jenis koneksi Point to Multi Point(PtMP) dimana satu radio Access Point melayani lebih dari satu radio yang berfungsi sebagai client seperti ilustrasi dibawah ini.


    Saat memilih radio wireless ubnt untuk BTS baiknya dikondisikan dengan lokasi,dimana jenis radio untuk kawasan Urban akan berbeda dengan kawasan Rural seperti terlihat digambar.

    Kawasan Urban lebih padat pengguna dan banyak terhalang oleh gedung-gedung bertingkat sedangkan kawasan Rural bebas akan halangan dan gedug tinggi seperti pedesaan atau komplek perumahan.


    BTS Jarak Pendek Dengan Sedikit Client

    #1 Rocket M + airMAX OMNI antenna

    Radio ubnt Rocket M yang dipadukan dengan antena airMAX OMNI dapat digunakan untuk membangun BTS dengan client maximal 60an di area rural seperti gambar.

    Ingat karena kamu menggunakan radio ubnt seri M sebagai BTS maka hanya radio client seri M yang bisa digunakan dan terkonek ke BTS mu,sedangkan radio seri AC tidak bisa terkonek ke BTS seri M.

    Paket Ubiquiti Rocket M5 + Antena Omni AMO-5G13 bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 3.500.000,- di Bukalapak

    Radio ini belum menggunakan standar 802.11 AC, jadi saya tidak merekomendasikan utnuk digunakan saat ini.

    Walau ini sangat murah tapi sudah tidak relevan lagi digunakan saat ini karena sudah ada yang seri AC.


    BTS Dengan Performa dan Kapasitas Tinggi

    Jika jumlah client per BTS sudah banyak dan membutuhkan kapasitas bandwidth yang besar,direkomendasikan untuk menggunakan radio wireless dengan performa tinggi.

    Jumlah client yang bisa ditampung per BTS tergantung dari besar bandwidth yang akan kamu berikan ke client,jadi bisa dihitung maximal client per radio dengan melihat kapasitas radio AP dan jumlah bandwidth yang akan kamu berikan ke client.


    #1. LiteAP AC

    Radio wireless ubiquiti seri AC yang telah dilengkapi dengan antena sectoral didalam nya (include) dengna performa yang mengagumkan untuk harga yang relatif murah.

    Antena sectoral ini mampu mengcove area hingga 120° , itu artinya kamu perlu 3 LiteAP 5AC-16-120 jika ingin mengcover 360° area disekitar BTS.

    LiteBeam5AC-16-120 dibandrol mulai harga Rp 1.200.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #2. Rocket 5AC PRISM G1/G2 + airMAX AC Sector Antenna

    Merupakan kombinasi hardware terbaik untuk membuat BTS berstandar carrier grade” atau “carrier class dengan performa tertinggi dan terbaik dikelasnya.

    Menggunakan total 8 antena sectoral 45° untuk mengcover area 360° secara menyeluruh disekitar BTS,telah menggunakan teknologi airPRISM untuk menekan noise disekitar.

    Rocket 5AC PRISM G2 dibandrol mulai harga Rp 3.300.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    Antena Sectoral airMAX AC dibandrol mulai harga Rp 1.400.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #3. Rocket 5AC Lite + Titanium Sector Antennas

    Merupakan solusi untuk BTS performa tinggi di area berpenduduk sedang seperti rural area,dan bisa digunakan sebagai starter BTS dengan menggunakan antena sectoral ber beamwidth 60-120°.

    Rocket 5AC Lite dibandrol mulai harga Rp 1.700.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    Antena Sectoral airMAX titanium V5g Ti dibandrol mulai harga Rp 3.600.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #4. IsoStation5AC

    Mnggunakan tipe antena High isolation horn sector,sangat ideal untuk membuat BTS dikawasan urban yang padat dan tinggi noise.

    Radio IsoStation5AC secara default telah dilengkapi Antena tipe sectoral horn dengan beamwidth 45°/15dBi,namun kamu bisa mengganti antena sectoral horn ini dengan beamwidth yang berbeda mulai dari 30°,60° dan 90° horn sector.

    IsoStation5AC dibandrol mulai harga Rp 2.200.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    #5. PRISMStation5AC

    Menggunakan High isolation horn dilengkapi dengan teknologi active PRISM RF Filtering serta GPS yang memungkinkan meningkatkan efektifitas jangkauan antar BTS dan menagkis noise disekitar.

    Sangat cocok untuk membangun BTS di area rural yang padat penduduk dengan noise tinggi,kapasitas BTS ini hingga 500Mbps

    PRISMStation5AC dibandrol mulai harga Rp 5.700.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak


    Radio Wireless CPE Untuk Client

    Customer Premise Equipment (CPE) adalah istilah perangkat wireless yang dipasang dan digunakan oleh client pada model jaringan PtMP.

    Kamu bisa menentukan jenis dan tipe perangkat radio wireless yang tepat untuk client berdasar jarak antara client dan jangkauan BTS.

    Client Jarak Pendek (0-3 km)

    nanostation & Loco M5 AC

    Mengunakan antena sectoral 45′ 13db untuk loco dan 16db untuk nanostation.

    Sangat cocok untuk client yang sangat dekat dengan BTS

    harga nanostation M5AC hanya Rp 800.000,- an di Bukalapak

    Client Jarak Menengah (3-7 km)

    Utnuk jarak cleint yang leibih jauh kamu perlu jenis CPE lain.

    1.LiteBeam 5AC-23-G2

    perangkat radio client CPE termurah dengan beamwidth yang sempit untuk menguradi interferensi dan telah mendukung teknologi MIMO.

    Radio ini menjadi standar baru industri untuk jenis radio CPE airMAX AC.

    LiteBeam 5AC-G2 dibandrol mulai harga Rp 1.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    2. NanoBeam 5AC-G2

    Untuk jarak pendek antara client dan BTS maximal 3km kamu bisa menggunakan NanoBeam 5AC-G2, tapi ingat pastikan BTS mu menggunakan radio tipe AC,karena AP tipe M tidak bisa terkoneksi ke client tipe AC.

    NanoBeam 5AC-G2 dibandrol mulai harga Rp 1.400.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    3. PowerBeam 5AC-G2

    Radio Client CPE dengan pancaran signal yang lebih terfokus yang mampu memberikan jangkauan yang lebih jauh dan noise yang lebih rendah.

    PowerBeam 5AC-G2 dibandrol mulai harga Rp 1.600.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak


    Client Jarak Jauh (7+ km)

    Untuk client jarak jauh lebih dari 7km kamu harus menggunakan radio khusus agar link antara dan BTS stabil dengna performa terbaik.

    Kamu memerlukan radio wireless dengan antena yang mampu memancarkan signal dengan lebih kuat dan terpusat (antena tipe dish dan sector)


    1. PowerBeam 5AC-500/620

    Walaupun secara garis besar berbeda tipis dengan PowerBeam 5AC-Gen2 namun radio ini mempunyai power yang lebih besar dari radio sejenis dan mempunyai pancaran signal yang lebih terpusat untuk jangkauan yang lebih jauh dan noise yang lebih rendah.

    PowerBeam 5AC-500 dibandrol mulai harga Rp 2.300.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    PowerBeam 5AC-620 dibandrol mulai harga Rp 3.100.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    2. Rocket 5AC-Lite + RocketDish LW

    Untuk client dengna performa link terbaik kamu bisa menggunakan radio Rocket 5AC-Lite yang digabungkan dengan antena rocket dish.

    Antena rocket dish lw bisa digabungkan penggunaan nya dengan aksesori isobeam isolator yang dilengkapi dengan RF choke untuk isolasi signal dan fokus yang lebih baik

    Rocket 5AC-Lite dibandrol mulai harga Rp 1.800.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    Antena Rocker Dish LW dibandrol mulai harga Rp 1.480.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    isobeam isolator dibandrol mulai harga Rp 1.440.000,- yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak

    KESIMPULAN

    ubnt ubiquiti telah mendesain dan membuat radio wireless dengan berbagai tipe dan model yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan skenario jaringan wireless yang akan kamu buat.

    Memilih radio wireless dan antena ubnt secara tepat menentukan kualitas link dan kan kemampuan BTS yang kamu buat.

    Jangan sampai menggunakan alat yang murah tapi dipaksa untuk bekerja diluat batas kemampuan yang disarankan karena akan memperpendek umur perangkat dan menghasilkan kualitas link yang tidak stabil.


    Sumber: https://www.tembolok.id/memilih-radio-ubnt-bts-cpe/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Agama

    Jaringan

    Android

    Linux

    Catatan

    Mikrotik