• Newsticker

    Kamis, 03 Mei 2018

    Cara Mengatasi Android Studio Yang Lambat

    Google telah resmi menghentikan dukunganya terhadap Eclipse + Adt sebagai IDE resmi untuk mengembangkan aplikasi android. Sebagai gantinya, google merilis aplikasi IDE terbaru dengan nama Android Studio. Merupakan versi kustomisasi dari ide JetBrain. Pada IDE resmi terbaru dari google ini, saya cukup merasakan banyak kelebihan dan fitur fitur yang lebih menarik daripada Eclipse. Namun, dari se abreg fitur yang ada, juga masih banyak kekuranganya. Salah satunya masalah performa. Yap, android studio di kenal lebih lambat / lelet / lemot daripada eclipse yang bisa berjalan di komputer dengan spek pas pasan. Sedangkan Android studio, butuh spek gahar supaya berjalan dengan mulus, bahkan di laptop saya yang memiliki RAM 4GB saja, masih terasa lambat / lemot. Tidak bisa multi tasking karena resource dimakan semua oleh Android Studio.
    Setelah googling kesana kemari, akhirnya ketemu dengan sebuah thread di stackoverflow. Yaps, semenjak adanya situs stackoverflow semua pertanyaan yang saya tanyakan (mengenai komputer / koding), rata rata sudah ada jawabanya disana karena sudah ada yang menanyakan hal yang sama sebelumnya. Pada thread tersebut, ada yang mengalami masalah yang sama dengan saya, dengan RAM 4GB android studio masih terasa lambat, bahkan mempengaruhi performa keseluruhan komputer, semua jadi lambat.

    Masalah

    Dan hal yang saya suka, pada thread tersebut juga ada jawabanya, ada banyak jawaban. Tentu saja saya melirik jawaban yang paling atas, dengan banyak vote. Yang artinya, banyak orang setuju, berhasil, atau bahkan terselesaikan masalahnya atas jawaban tersebut. Dan biang kerok penyebab android studio lambat adalah, Integrasi dengan VCS. VCS (Version Control System) adalah sebuah sistem pengontrol versi yang sering digunakan dan untuk memudahkan programer terhadap manajemen kodenya, selengkapnya baja disini https://id.wikipedia.org/wiki/Pengontrol_versi.

    Solusinya

    Salah satu solusi dari masalah di atas adalah, me-nonaktifkan semua plugin terkait dengan VCS. Langkah langkahnya seperti berikut ini.
    1. Pilih menu File
    2. Pilih menu Setting
    3. Kemudian pilih menu Plugins
    4. Kemudian matikan plugin berikut ini dengan membuang tanda check / centang.
      • CVS Integration
      • Git Integration
      • GitHub
      • Google Cloud Tools for Android Studio
      • Subversion Integration
    5. Kemudian Restart IDE android studio
      Tadi saya sudah mencoba, dan hasilnya lebih baik daripada sebelumnya. Demikianlah cara mengatasi android studio yang menjadi lambat, selamat mencoba semoga komputer anda kuat untuk koding android :D , semoga sukses.

    Sumber: https://sucipto.net/2015/07/14/cara-mengatasi-android-studio-yang-lambat/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Agama

    Agama

    Agama

    Agama

    Agama

    Agama